website alkitab jesoes logo

www.JESOES.com

Alkitab Online Kristiani Indonesia

Hand Bible application icon
Download Android App
agen nomor cantik Indonesia terpercaya
vidinici pakaian dan lingerie wanita

Website ini berisi seluruh isi Alkitab dari Perjanjian Lama (39 kitab) hingga Perjanjian Baru (27 kitab) beserta perikop (TB), ada 5 buah terjemahan alkitab yaitu:

Untuk membaca Alkitab hanya dalam 1 bahasa terjemahan maka disarankan untuk mengklik salah satu bahasa terjemahan diatas karena lebih cepat loading hanya 1 Alkitab dan meringankan beban Internet anda, jika anda mau membaca beberapa bahasa terjemahan Alkitab sekaligus maka silahkan memakai menu dibawah ini.
Cari isi web dengan Google
(Search by Google)
Cari ayat ayat dalam Alkitab
(Search verses by keywords)
Terjemahan (translation)
1 Tawarikh / 1 Chronicles / 역대상
123456789101112131415161718192021222324252627
- 28 -
29
Terjemahan Baru 1974
Bahasa Indonesia Sehari Hari 1985

[아가페 쉬운 성경 1994]
Versi Mudah Dibaca 2006

[English Amplified 2015]
28:1-21 = Pesan terakhir dari Daud kepada Salomo mengenai pembangunan Bait Suci
(2Sam 24:18-25)
(1) Daud mengumpulkan di Yerusalem segala pembesar Israel, yakni para kepala suku, para pemimpin rombongan orang-orang yang melayani raja, para kepala pasukan seribu dan kepala pasukan seratus, serta para kepala harta benda dan ternak kepunyaan raja dan anak-anaknya; bersama-sama mereka juga para pegawai istana dan para perwira dan semua pahlawan yang gagah perkasa.
(1) Raja Daud memerintahkan supaya semua pemimpin Israel berkumpul di Yerusalem. Jadi para kepala suku, para pejabat urusan pemerintahan, para kepala kaum, para pengawas harta benda dan ternak raja serta putra-putranya--singkatnya para pembesar istana, perwira dan orang penting, semuanya berkumpul di Yerusalem.
(1) [Rencana Daud tentang Rumah Tuhan] Daud mengumpulkan semua pemimpin umat Israel ke Yerusalem, yaitu para kepala suku, pimpinan yang bertanggung jawab atas pekerjaan raja, komandan, panglima, kepala urusan harta benda serta ternak milik raja dan anak-anaknya, para pejabat penting, para pahlawan, dan semua tentara yang gagah berani.
(2) Lalu berdirilah raja Daud dan berkata: "Dengarlah, hai saudara-saudaraku dan bangsaku! Aku bermaksud hendak mendirikan rumah perhentian untuk tabut perjanjian TUHAN dan untuk tumpuan kaki Allah kita; juga aku telah membuat persediaan untuk mendirikannya.
(2) Daud berdiri di depan mereka dan berkata, "Saudara-saudaraku sebangsa, dengarkan! Sudah lama aku berniat mendirikan sebuah rumah permanen untuk Peti Perjanjian, tumpuan kaki TUHAN Allah kita. Aku sudah membuat persiapan untuk mendirikan sebuah rumah tempat menyembah Dia.
(2) Raja Daud berdiri dan berkata, “Dengarlah aku, hai saudara-saudaraku dan bangsaku. Dalam hatiku ada keinginan untuk mendirikan sebuah tempat peristirahatan untuk Kotak Perjanjian TUHAN dan tempat tumpuan kaki Allah. Dan aku telah mengadakan persiapan untuk membangun rumah bagi Allah.
(3) Tetapi Allah telah berfirman kepadaku: Engkau tidak akan mendirikan rumah bagi nama-Ku, sebab engkau ini seorang prajurit dan telah menumpahkan darah.
(3) Tetapi TUHAN melarang aku melakukan hal itu karena aku seorang prajurit yang sudah banyak menumpahkan darah.
(3) Allah berkata kepadaku, ‘Engkau Daud tidak akan mendirikan rumah bagi nama-Ku, karena engkau tentara yang telah banyak membunuh orang.’
(4) Namun TUHAN, Allah Israel, telah memilih aku dari antara segenap puakku untuk menjadi raja atas Israel selama-lamanya; sebab Ia telah memilih Yehuda menjadi pemimpin, dan puakku dari antara kaum Yehuda, dan dari antara anak-anak ayahku Ia berkenan kepadaku untuk mengangkat aku sebagai raja atas seluruh Israel.
(4) TUHAN, Allah yang disembah Israel, telah memilih aku dan keturunanku untuk memerintah atas Israel selama-lamanya. Untuk mempersiapkan seorang pemimpin Ia memilih suku Yehuda, dan dari suku itu Ia memilih keluarga ayahku. Dan dari semua anggota keluarga ayahku itu Ia berkenan memilih aku dan menjadikan aku raja atas seluruh Israel.
(4) TUHAN Allah Israel telah memilih suku Yehuda untuk memimpin kedua belas suku Israel. Kemudian dari suku itu, Allah telah memilih keluarga ayahku dan dari keluarga itu Allah memilih aku menjadi raja Israel.
(5) Dan dari antara anak-anakku sekalian--sebab banyak anak telah dikaruniakan TUHAN kepadaku--Ia telah memilih anakku Salomo untuk duduk di atas takhta pemerintahan TUHAN atas Israel.
(5) Ia memberikan banyak anak kepadaku dan dari semua anakku itu Ia memilih Salomo untuk memerintah atas Israel, kerajaan TUHAN.
(5) TUHAN telah memberikan banyak anak kepadaku. Dan dari anak yang banyak itu TUHAN memilih Salomo menjadi raja Israel yang baru.
(6) Ia telah berfirman kepadaku: Salomo, anakmu, dialah yang akan mendirikan rumah-Ku dan pelataran-Ku sebab Aku telah memilih dia menjadi anak-Ku dan Aku akan menjadi bapanya.
(6) TUHAN berkata kepadaku begini, 'Salomo anakmu akan membangun rumah untuk Aku. Ia telah Kupilih menjadi anak-Ku, dan Aku akan menjadi bapaknya.
(6) Ia berkata kepadaku, ‘Hai Daud, anakmu Salomo, dia akan membangun Rumah-Ku serta pelatarannya karena Aku memilihnya sebagai anak-Ku dan Aku menjadi Bapanya.
(7) Dan Aku akan mengokohkan kerajaannya sampai selama-lamanya, jika ia bertekun melakukan segala perintah dan peraturan-Ku seperti sekarang ini.
(7) Kalau ia dengan sungguh-sungguh terus menuruti semua hukum dan perintah-perintah-Ku seperti yang dilakukannya sekarang ini, Aku akan mengukuhkan kerajaannya untuk selama-lamanya.'"
(7) Salomo patuh atas hukum dan perintah-Ku sekarang. Jika ia terus mematuhi hukum-Ku, Aku akan membuat kerajaannya kuat selamanya’
(8) Maka sekarang, di depan mata seluruh Israel, jemaah TUHAN, dan dengan didengar Allah kita, aku berkata kepadamu: Peliharalah dan tuntutlah segala perintah TUHAN, Allahmu, supaya kamu tetap menduduki negeri yang baik ini dan mewariskannya sampai selama-lamanya kepada anak-anakmu yang kemudian.
(8) Lalu kata Daud selanjutnya, "Jadi sekarang, hai rakyatku, di depan Allah kita dan di depan pertemuan seluruh Israel, umat TUHAN ini, aku minta kalian dengan sungguh-sungguh menuruti segala perintah TUHAN Allah kita. Dengan demikian kalian dapat tetap memiliki negeri yang baik ini dan mewariskannya kepada keturunanmu untuk selama-lamanya."
(8) Sekarang di hadapan seluruh Israel, umat TUHAN, dan di hadapan Allah, aku berkata kepadamu: Berhati-hatilah dalam mengikuti semua perintah TUHAN Allahmu, maka kamu dapat memiliki tanah yang baik ini dan mewariskannya kepada keturunanmu selamanya.
(9) Dan engkau, anakku Salomo, kenallah Allahnya ayahmu dan beribadahlah kepada-Nya dengan tulus ikhlas dan dengan rela hati, sebab TUHAN menyelidiki segala hati dan mengerti segala niat dan cita-cita. Jika engkau mencari Dia, maka Ia berkenan ditemui olehmu, tetapi jika engkau meninggalkan Dia maka Ia akan membuang engkau untuk selamanya.
(9) Lalu kepada Salomo, Daud berkata, "Anakku, hendaklah Allah yang disembah ayahmu, kau akui sebagai Allahmu. Engkau harus mengabdi kepada-Nya dengan tulus ikhlas dan rela hati. Sebab Ia tahu semua pikiran dan keinginan hati kita. Kalau engkau mencari Dia, Dia akan kautemukan, tetapi kalau engkau meninggalkan Dia, Ia akan menolak engkau untuk selama-lamanya.
(9) Dan engkau, hai anakku Salomo, kenallah Allah dari ayahmu dan beribadatlah kepada-Nya dengan hati yang tulus. Bersukacitalah dalam hatimu untuk melayani Allah karena TUHAN tahu hati setiap orang. Tuhan mengetahui setiap pikiran. Jika engkau minta tolong kepada-Nya, engkau menerima jawaban. Namun, jika engkau berbalik dari Dia, maka Ia meninggalkan engkau selamanya.
(10) Camkanlah sekarang, sebab TUHAN telah memilih engkau untuk mendirikan sebuah rumah menjadi tempat kudus. Kuatkanlah hatimu dan lakukanlah itu."
(10) Ingatlah baik-baik bahwa TUHAN sudah memilih engkau untuk mendirikan rumah yang khusus bagi Dia. Nah, sekarang kerjakanlah itu dengan kemauan yang keras."
(10) Hai Salomo, mengertilah bahwa TUHAN sudah memilihmu, untuk mendirikan Tempat Kudus-Nya — Rumah Allah itu. Kuatkan dirimu dan selesaikanlah tugas itu.”
(11) Lalu Daud menyerahkan kepada Salomo, anaknya, rencana bangunan dari balai Bait Suci dan ruangan-ruangannya, dari perbendaharaannya, kamar-kamar atas dan kamar-kamar dalamnya, serta dari ruangan untuk tutup pendamaian.
(11) Setelah itu Daud menyerahkan kepada Salomo rencana bangunan untuk gedung Rumah TUHAN, gudang-gudangnya, semua kamarnya, dan Ruang Mahasucinya, tempat pengampunan dosa.
(11) Kemudian Daud memberikan kepada anaknya Salomo, rencana pembangunan Bait Tuhan, pelataran, ruangan penyimpanan barang berharga, ruangan atas, ruangan dalam, dan tempat khusus untuk meminta pengampunan dosa.
(12) Selanjutnya rencana dari segala yang dipikirkannya mengenai pelataran rumah TUHAN, dan bilik-bilik di sekelilingnya, mengenai perbendaharaan-perbendaharaan rumah Allah dan perbendaharaan-perbendaharaan barang-barang kudus;
(12) Daud menyerahkan juga semua rencana yang telah dipikirkannya untuk pelataran-pelataran dengan kamar-kamar di sekelilingnya, dan untuk gudang-gudang perlengkapan Rumah TUHAN itu serta gudang-gudang tempat menyimpan pemberian-pemberian untuk TUHAN.
(12) Daud telah membuat rencana untuk semua bagian dari Bait TUHAN. Ia memberikan rencana itu kepada Salomo, yaitu tentang pelataran, semua ruangan di sekelilingnya, gudang penyimpanan barang, penyimpanan barang-barang kudus untuk dipergunakan di dalam Rumah Allah.
(13) mengenai rombongan-rombongan para imam dan para orang Lewi dan mengenai segala pekerjaan untuk ibadah di rumah TUHAN dan segala perkakas untuk ibadah di rumah TUHAN.
(13) Juga diserahkannya rencana mengenai pengelompokan imam-imam dan orang Lewi, mengenai tugas-tugas yang harus mereka kerjakan, yaitu pekerjaan mereka di Rumah TUHAN dan pemeliharaan semua perkakas ibadat.
(13) Daud juga memberitahukan kepada Salomo tentang pembagian tugas para imam dan orang Lewi serta semua pekerjaan di dalam Bait TUHAN, dan segala jenis peralatan yang dipergunakan dalam pelayanan di situ.
(14) Juga ia memberikan emas seberat yang diperlukan untuk segala perkakas pada tiap-tiap ibadah; dan diberikannya perak seberat yang diperlukan untuk segala perkakas perak pada tiap-tiap ibadah,
(14) Ia memberikan petunjuk-petunjuk mengenai cara mengerjakan emas dan perak untuk membuat perkakas-perkakas,
(14) Daud juga mengatakan berapa banyak emas dan perak yang harus dipakai untuk membuat semua peralatan yang dipergunakan dalam pelayanan.
(15) yakni sejumlah emas untuk kandil-kandil emas dan lampu-lampunya yang dari emas, seberat yang diperlukan tiap-tiap kandil dan lampu-lampunya, dan perak untuk kandil perak seberat yang diperlukan perak untuk satu kandil dan lampu-lampunya, sesuai dengan pemakaian tiap-tiap kandil dalam ibadah.
(15) untuk setiap pelita dan kaki pelita,
(15) Ada rencana untuk membuat lampu dan tiangnya dari emas, demikian juga lampu dan tiangnya dari perak. Dan juga membuat tiang-tiang lampu yang berbeda-beda menurut keperluannya.
(16) Kemudian diberikannya sejumlah emas untuk meja-meja roti sajian, meja demi meja, dan perak untuk meja-meja dari perak;
(16) untuk meja-meja dari perak, dan untuk setiap meja emas tempat roti sajian bagi Allah.
(16) Daud juga menerangkan berapa banyak emas untuk meja tempat roti dan berapa banyak perak untuk meja.
(17) selanjutnya emas murni untuk garpu-garpu, dan bokor-bokor penyiraman dan kendi-kendi, juga untuk piala-piala dari emas seberat yang diperlukan untuk tiap-tiap piala, dan perak untuk piala dari perak seberat yang diperlukan untuk tiap-tiap piala;
(17) Juga petunjuk-petunjuk mengenai jumlah emas murni yang harus dipakai untuk membuat garpu, mangkuk dan buli-buli, mengenai banyaknya perak dan emas untuk membuat piring-piring,
(17) Demikian juga beberapa emas murni untuk membuat garpu, mangkuk, dan kendi, piring; beberapa perak untuk membuat piring.
(18) juga emas yang disucikan untuk mezbah pembakaran ukupan seberat yang diperlukan dan emas untuk pembentukan kereta yang menjadi tumpangan kedua kerub, yang mengembangkan sayapnya sambil menudungi tabut perjanjian TUHAN.
(18) mengenai banyaknya emas murni untuk membuat mezbah tempat pembakaran dupa dan untuk membuat kereta bagi patung-patung kerub dengan sayap terbentang di atas Peti Perjanjian TUHAN.
(18) Dia menjelaskan kepadanya berapa berat emas murni yang diperlukan untuk membuat mezbah pembakaran kemenyan yang menghasilkan bau harum sebagai persembahan bagi Allah. Daud juga memberikan rencana pembuatan kereta perang Allah — tempat belas kasihan dengan malaikat kerub yang membentangkan sayapnya di atas Kotak Perjanjian TUHAN. Malaikat kerub terbuat dari emas.
(19) Semuanya itu terdapat dalam tulisan yang diilhamkan kepadaku oleh TUHAN, yang berisi petunjuk tentang segala pelaksanaan rencana itu.
(19) Lalu Raja Daud berkata, "Semua itu tercantum dalam rencana yang telah ditulis sesuai dengan petunjuk yang diberikan oleh TUHAN sendiri kepadaku untuk dilaksanakan."
(19) Daud mengatakan, “Semua rencana itu telah tertulis dengan bimbingan TUHAN kepadaku. Ia menolong aku untuk mengerti rencana itu secara terperinci.”
(20) Lalu berkatalah Daud kepada Salomo, anaknya: "Kuatkan dan teguhkanlah hatimu, dan lakukanlah itu; janganlah takut dan janganlah tawar hati, sebab TUHAN Allah, Allahku, menyertai engkau. Ia tidak akan membiarkan dan meninggalkan engkau sampai segala pekerjaan untuk ibadah di rumah Allah selesai.
(20) Kemudian Raja Daud berkata lagi kepada Salomo putranya, "Engkau harus yakin dan berani. Mulailah pekerjaan itu dan jangan gentar terhadap apa pun juga. TUHAN Allah yang kusembah akan menolong engkau. Ia tidak akan meninggalkan engkau. Ia akan mendampingi engkau sampai seluruh pekerjaan itu selesai.
(20) Daud juga berkata kepada anaknya Salomo, “Kuatkan hatimu dan beranilah dan selesaikan pekerjaan itu. Jangan takut karena TUHAN Allah, Allahku menyertaimu. Ia akan menolongmu sampai semua pekerjaan itu selesai. Ia tidak akan meninggalkan engkau. Engkau membangun Bait TUHAN.
(21) Sesungguhnya, rombongan para imam dan para orang Lewi ada untuk melakukan segala ibadah di rumah Allah, dan ada beberapa sukarelawan yang ahli dalam setiap tugas yang dapat membantu engkau. Juga para pemimpin dan seluruh rakyat ini sepenuhnya ada di bawah perintahmu."
(21) Pembagian tugas ibadat dalam Rumah TUHAN sudah ditentukan di antara para imam dan orang Lewi. Pekerja-pekerja yang ahli dalam bidangnya masing-masing akan menolong engkau dengan senang hati, dan para pemimpin bersama seluruh rakyat akan mentaati perintahmu."
(21) Kelompok para imam dan orang Lewi sudah siap melaksanakan segala pekerjaan pada Bait Allah. Setiap ahli siap menolong engkau dalam segala pekerjaan. Para pemimpin serta rakyat semuanya taat pada setiap perintahmu.”
1 Tawarikh / 1 Chronicles / 역대상
123456789101112131415161718192021222324252627
- 28 -
29