website alkitab jesoes logo

www.JESOES.com

Alkitab Online Kristiani Indonesia

Hand Bible application icon
Download Android App
agen nomor cantik Indonesia terpercaya
vidinici pakaian dan lingerie wanita

Website ini berisi seluruh isi Alkitab dari Perjanjian Lama (39 kitab) hingga Perjanjian Baru (27 kitab) beserta perikop (TB), ada 5 buah terjemahan alkitab yaitu:

Untuk membaca Alkitab hanya dalam 1 bahasa terjemahan maka disarankan untuk mengklik salah satu bahasa terjemahan diatas karena lebih cepat loading hanya 1 Alkitab dan meringankan beban Internet anda, jika anda mau membaca beberapa bahasa terjemahan Alkitab sekaligus maka silahkan memakai menu dibawah ini.
Cari isi web dengan Google
(Search by Google)
Cari ayat ayat dalam Alkitab
(Search verses by keywords)
Terjemahan (translation)
Bilangan / Numbers / 민수기
1234567891011121314151617
- 18 -
192021222324252627282930313233343536
Terjemahan Baru 1974
Bahasa Indonesia Sehari Hari 1985

[아가페 쉬운 성경 1994]
Versi Mudah Dibaca 2006

[English Amplified 2015]
18:1-32 = Kewajiban dan penghasilan imam dan orang Lewi
(1) TUHAN berfirman kepada Harun: "Engkau ini dan anak-anakmu beserta seluruh sukumu haruslah menanggung akibat setiap kesalahan terhadap tempat kudus; sedang hanya engkau beserta anak-anakmulah yang harus menanggung akibat setiap kesalahan yang dilakukan dalam jabatanmu sebagai imam.
(1) TUHAN berkata kepada Harun, "Engkau, anak-anakmu dan orang-orang Lewi harus menanggung akibat kesalahan-kesalahan yang terjadi di dalam Kemah-Ku, tetapi hanya engkau dan anak-anakmu saja yang harus menanggung kesalahan dalam pekerjaan imam-imam.
(1) [Pekerjaan Imam dan Orang Lewi] TUHAN berkata kepada Harun, “Engkau, anak-anakmu, dan semua keluarga ayahmu akan bertanggung jawab atas segala kesalahan terhadap tempat suci atau terhadap imam-imam.
(2) Suruhlah juga saudara-saudaramu, suku Lewi, suku bapa leluhurmu, mendekat bersama-sama dengan engkau, supaya mereka menggabungkan diri kepadamu dan melayani engkau, apabila engkau ini beserta anak-anakmu ada di depan kemah hukum.
(2) Sanak saudaramu, suku Lewi, harus kauikutsertakan sebagai pembantu dalam pelaksanaan tugasmu dan tugas anak-anakmu.
(2) Untuk menghindari kejadian itu, bawalah orang selebihnya dari suku Lewi untuk bergabung dengan engkau. Orang Lewi akan membantumu dan anak-anakmu melakukan pekerjaan dalam Tenda Perjanjian.
(3) Mereka harus melakukan kewajiban mereka kepadamu, dan kewajiban mereka mengenai kemah seluruhnya; hanya kepada perkakas tempat kudus dan kepada mezbah janganlah mereka mendekat, nanti mereka mati, baik mereka maupun kamu.
(3) Suku Lewi harus melakukan kewajiban mereka terhadap kamu dan mengerjakan tugas mereka di Kemah-Ku, tetapi mereka tak boleh mendekati mezbah atau menyentuh benda-benda yang suci di Ruang Suci. Bila mereka melanggar peraturan itu, baik mereka maupun kamu akan mati.
(3) Mereka berada dalam pengawasanmu. Mereka menjalankan semua tugas yang perlu dilakukan dalam Kemah, tetapi janganlah mereka mendekati peralatan suci dalam Tempat Kudus atau mezbah. Jika mereka melakukannya, mereka akan mati — dan engkau juga mati.
(4) Mereka harus menggabungkan diri kepadamu dan melakukan kewajiban mereka mengenai Kemah Pertemuan sesuai dengan segala pekerjaan pada kemah itu; tetapi orang awam jangan mendekat kepadamu.
(4) Mereka harus bekerja bersama-sama dengan kamu dan melakukan tugas-tugas yang berhubungan dengan segala pelayanan di dalam Kemah-Ku, tetapi yang tidak diberi hak untuk itu, dilarang bekerja bersama kamu.
(4) Mereka menyertaimu dan bertugas bersamamu. Mereka bertanggung jawab menjaga Kemah Pertemuan. Semua pekerjaan yang harus dilakukan dalam Kemah akan dilakukannya. Jangan ada orang yang mendekati tempatmu berada.
(5) Dan kamu ini haruslah melakukan kewajibanmu mengenai tempat kudus dan kewajibanmu mengenai mezbah, supaya orang Israel jangan lagi tertimpa oleh murka.
(5) Hanya engkau, Harun, dan anak-anakmulah yang harus melakukan tugas di Ruang Suci dan mezbah, supaya Aku jangan lagi menjadi marah kepada bangsa Israel.
(5) Kamu bertanggung jawab menjaga Tempat Suci dan mezbah. Aku tidak mau lagi marah kepada orang Israel.
(6) Sesungguhnya Aku ini telah mengambil saudara-saudaramu, orang Lewi, dari tengah-tengah orang Israel sebagai pemberian kepadamu, sebagai orang-orang yang diserahkan kepada TUHAN, untuk melakukan pekerjaan pada Kemah Pertemuan;
(6) Sesungguhnya, Aku sudah memilih sanak saudaramu orang-orang Lewi dari antara bangsa Israel sebagai pemberian untukmu. Mereka sudah dikhususkan bagi-Ku, untuk melayani di Kemah-Ku.
(6) Aku sendiri sudah memilih orang Lewi dari antara orang Israel. Mereka merupakan suatu pemberian kepadamu. Aku memberikan mereka kepadamu untuk melayani TUHAN dan bertugas dalam Kemah Pertemuan.
(7) tetapi engkau ini beserta anak-anakmu harus memegang jabatanmu sebagai imam dalam segala hal yang berkenaan dengan mezbah dan dengan segala sesuatu yang ada di belakang tabir, dan kamu harus mengerjakannya; sebagai suatu jabatan pemberian Aku memberikan kepadamu jabatanmu sebagai imam itu; tetapi orang awam yang mendekat harus dihukum mati."
(7) Tetapi hanya engkau dan anak-anakmu saja yang boleh menjalankan tugas sebagai imam, dalam segala pekerjaan yang berhubungan dengan mezbah dan apa yang terdapat di Ruang Mahasuci. Itulah tanggung jawabmu, karena Aku telah memberi kamu kedudukan sebagai imam. Setiap orang yang tidak mempunyai hak itu akan dihukum mati bila mendekati benda-benda suci itu."
(7) Namun, hai Harun, hanya engkau dengan anak-anakmu yang dapat mendekati mezbah atau di belakang tirai dalam Tempat Yang Mahakudus. Aku akan memberikan pemberian kepadamu — pekerjaanmu selaku imam. Orang lain yang berusaha datang terlalu dekat harus dibunuh.”
(8) Lagi berfirmanlah TUHAN kepada Harun: "Sesungguhnya Aku ini telah menyerahkan kepadamu pemeliharaan persembahan-persembahan khusus yang kepada-Ku; semua persembahan kudus orang Israel Kuberikan kepadamu dan kepada anak-anakmu sebagai bagianmu; itulah suatu ketetapan untuk selama-lamanya.
(8) TUHAN berkata kepada Harun, "Ingatlah! Semua persembahan khusus yang diberikan kepada-Ku yang tidak dibakar adalah untukmu. Itulah bagianmu yang sudah ditentukan untuk selama-lamanya. Itu Kuberikan kepadamu dan kepada keturunanmu.
(8) TUHAN berkata kepada Harun, “Aku sendiri telah memberikan tanggung jawab kepadamu atas semua pemberian yang diberikan umat kepada-Ku. Semua pemberian suci yang diberikan orang Israel kepada-Ku, Kuberikan kepadamu. Engkau dan anak-anakmu dapat ambil bagian dari pemberian itu dan selalu menjadi hak milikmu.
(9) Inilah bagianmu dari segala persembahan-persembahan yang maha kudus itu, yaitu dari bagian yang tidak harus dibakar: segala persembahan mereka yang berupa korban sajian, korban penghapus dosa dan korban penebus salah, yang dibayar mereka kepada-Ku; itulah bagian maha kudus yang menjadi bagianmu dan bagian anak-anakmu.
(9) Dari persembahan-persembahan yang paling suci yang tidak dibakar di atas mezbah, yang berikut ini adalah untukmu: Kurban sajian, kurban pengampunan dosa dan kurban ganti rugi. Semuanya itu persembahan suci yang menjadi bagianmu dan bagian anak-anakmu.
(9) Umat akan membawa pemberian, kurban sajian, dan kurban penghapus salah. Persembahan itu sangat suci. Bagianmu dalam kurban yang sangat kudus itu berasal dari bagian yang tidak dibakar. Semuanya itu adalah untukmu dan anak-anakmu.
(10) Sebagai bagian maha kudus haruslah kamu memakannya; semua orang laki-laki boleh memakannya; haruslah itu bagian kudus bagimu.
(10) Itu adalah suci bagimu, jadi harus kamu makan di tempat yang suci pula. Hanya orang laki-laki boleh memakannya.
(10) Makanlah itu hanya di tempat yang sangat suci. Semua laki-laki dalam keluargamu boleh memakannya, tetapi engkau harus ingat bahwa persembahan itu kudus.
(11) Dan inipun adalah bagianmu: persembahan khusus dari pemberian mereka yang lain, termasuk segala persembahan unjukan orang Israel; semuanya itu Kuberikan kepadamu dan kepada anak-anakmu laki-laki dan perempuan bersama-sama dengan engkau; itulah suatu ketetapan untuk selama-lamanya. Setiap orang yang tahir dari seisi rumahmu boleh memakannya.
(11) Segala persembahan khusus lainnya yang dipersembahkan orang Israel kepada-Ku, adalah untukmu juga. Aku memberinya kepadamu serta kepada anak-anakmu laki-laki dan perempuan. Peraturan itu berlaku untuk selama-lamanya. Setiap anggota keluargamu yang tidak najis boleh memakannya.
(11) Orang Israel membawa pemberian khusus yang engkau akan angkat kepada-Ku. Aku akan memberikannya kepadamu dan anak-anakmu laki-laki dan perempuan. Itulah milikmu. Setiap orang dalam keluargamu yang bersih dapat memakannya.
(12) Segala yang terbaik dari minyak dan segala yang terbaik dari anggur dan dari gandum, yakni yang sebagai hasil pertamanya dipersembahkan mereka kepada TUHAN, Aku berikan kepadamu.
(12) Kuberikan kepadamu segala yang paling baik dari panenan pertama yang dipersembahkan orang Israel kepada-Ku setiap tahun, yaitu minyak zaitun, air anggur dan gandum.
(12) Dan Aku memberikan semua minyak zaitun yang terbaik dan semua anggur baru dan gandum yang terbaik. Itulah pemberian orang Israel kepada-Ku, TUHAN. Itulah hasil panen pertama mereka.
(13) Hulu hasil dari segala yang tumbuh di tanahnya yang dipersembahkan mereka kepada TUHAN adalah juga bagianmu; setiap orang yang tahir dari seisi rumahmu boleh memakannya.
(13) Semua itu adalah untukmu. Setiap anggota keluargamu yang tidak najis boleh memakannya.
(13) Apabila umat mengumpulkan hasil panen, mereka akan mempersembahkan hasil pertama kepada TUHAN. Itulah Kuberikan kepadamu. Setiap orang dalam keluargamu yang bersih dapat memakannya.
(14) Semua yang dikhususkan bagi TUHAN di antara orang Israel menjadi bagianmu.
(14) Segala sesuatu di tanah Israel yang sudah dikhususkan untuk Aku, adalah untuk kamu.
(14) Segala sesuatu yang dipersembahkan kepada Allah adalah milikmu.
(15) Semua yang terdahulu lahir dari kandungan segala yang hidup, yang dipersembahkan mereka kepada TUHAN, baik dari manusia maupun dari binatang, adalah bagianmu; hanya haruslah kamu menebus anak sulung manusia, juga anak sulung binatang yang najis haruslah kamu tebus.
(15) Semua yang pertama lahir di antara manusia maupun hewan yang dipersembahkan orang Israel kepada-Ku, adalah bagianmu. Tetapi kamu harus menebus anak-anakmu yang sulung, juga anak binatang haram yang pertama lahir.
(15) Anak pertama dari perempuan dan anak pertama hewan harus diberikan kepada TUHAN. Anak itu menjadi milikmu. Jika anak pertama hewan itu najis, maka itu harus ditebus.
(16) Mengenai uang tebusannya, dari sejak berumur satu bulan haruslah kautebus menurut nilainya, yakni lima syikal perak ditimbang menurut syikal kudus; syikal ini dua puluh gera beratnya.
(16) Anak-anak harus ditebus waktu mereka berumur satu bulan. Harga yang ditentukan untuk itu ialah lima uang perak, menurut harga yang berlaku di Kemah-Ku.
(16) Mereka membayarnya, jika itu berumur satu bulan. Harganya 57,5 gram perak. Timbanglah itu dengan ukuran resmi. Satu syikal menurut ukuran resmi beratnya 11,5 gram.
(17) Tetapi anak sulung lembu, domba atau kambing janganlah kautebus; semuanya itu kudus; darahnya haruslah kausiramkan pada mezbah dan lemaknya kaubakar sebagai korban api-apian menjadi bau yang menyenangkan bagi TUHAN;
(17) Tetapi sapi, domba dan kambing yang pertama lahir, tidak boleh ditebus. Ternak itu mutlak untuk Aku dan harus dikurbankan. Siramkan darahnya pada mezbah dan bakarlah lemaknya sebagai kurban. Baunya menyenangkan hati-Ku.
(17) Jangan tebus anak pertama lembu, domba, atau kambing. Hewan itu bersih. Tuangkan darahnya ke atas mezbah dan bakar lemaknya sebagai pemberian yang harum bagi TUHAN.
(18) tetapi dagingnya adalah bagianmu sama seperti dada persembahan dan paha kanan.
(18) Dagingnya adalah untukmu, sama seperti dada dan paha kanan dari persembahan yang diunjukkan kepada-Ku.
(18) Dagingnya adalah bagianmu dan juga dada yang diangkat buat Tuhan menjadi milikmu. Dan paha kanan dari kurban lainnya adalah milikmu.
(19) Segala persembahan khusus, yakni persembahan kudus yang dipersembahkan orang Israel kepada TUHAN, Aku berikan kepadamu dan kepada anak-anakmu laki-laki dan perempuan bersama-sama dengan engkau; itulah suatu ketetapan untuk selama-lamanya; itulah suatu perjanjian garam untuk selama-lamanya di hadapan TUHAN bagimu serta bagi keturunanmu."
(19) Untuk selama-lamanya, semua persembahan khusus yang dibawa orang-orang Israel kepada-Ku, Kuberikan kepadamu dan kepada anak-anakmu laki-laki dan perempuan. Peraturan itu berlaku untuk selama-lamanya dan menjadi ikatan perjanjian yang tidak dapat dibatalkan antara Aku dengan engkau dan keturunanmu."
(19) Segala sesuatu yang dipersembahkan umat sebagai persembahan kudus, Aku, TUHAN, memberikannya kepadamu. Itulah bagianmu. Aku memberikannya kepadamu dan kepada anak-anakmu laki-laki dan perempuan. Hukum itu berlaku selamanya. Itulah suatu perjanjian dengan TUHAN yang tidak dapat dilanggar. Aku membuat perjanjian itu kepadamu dan keturunanmu.”
(20) TUHAN berfirman kepada Harun: "Di negeri mereka engkau tidak akan mendapat milik pusaka dan tidak akan beroleh bagian di tengah-tengah mereka; Akulah bagianmu dan milik pusakamu di tengah-tengah orang Israel.
(20) TUHAN berkata pula kepada Harun, "Kamu tidak mendapat warisan apa-apa. Di negeri yang Kujanjikan itu tak ada sebidang tanah pun yang menjadi milikmu. Aku, TUHAN, adalah bagian warisanmu."
(20) TUHAN juga berkata kepada Harun, “Engkau tidak akan mendapat bagian dari tanah. Dan engkau tidak memiliki sesuatu yang dimiliki orang lain. Aku sendiri menjadi milikmu. Orang Israel akan memperoleh tanah yang telah Kujanjikan, tetapi Akulah bagianmu.
(21) Mengenai bani Lewi, sesungguhnya Aku berikan kepada mereka segala persembahan persepuluhan di antara orang Israel sebagai milik pusakanya, untuk membalas pekerjaan yang dilakukan mereka, pekerjaan pada Kemah Pertemuan.
(21) Kata TUHAN kepada Harun, "Segala persembahan sepersepuluhan orang Israel Kuberikan kepada orang-orang Lewi. Itulah bagian warisan mereka untuk pekerjaan mereka di Kemah-Ku.
(21) Orang Israel akan memberikan 1/10 dari segala sesuatu yang dimilikinya. Jadi, Aku memberikan 1/10 kepada orang Lewi. Itulah bagian mereka sebagai pengganti dari pekerjaan berat yang dilakukannya di Kemah Pertemuan.
(22) Maka janganlah lagi orang Israel mendekat kepada Kemah Pertemuan, sehingga mereka mendatangkan dosa kepada dirinya, lalu mati;
(22) Orang-orang Israel lainnya tidak boleh lagi mendekati Kemah itu supaya mereka jangan mendatangkan dosa dan hukuman mati atas diri mereka.
(22) Orang Israel lainnya tidak boleh mendekati Kemah Pertemuan, jika mereka melakukannya, mereka dihukum mati.
(23) tetapi orang Lewi, merekalah yang harus melakukan pekerjaan pada Kemah Pertemuan dan mereka harus menanggung akibat kesalahan mereka; itulah suatu ketetapan untuk selama-lamanya bagimu turun-temurun. Mereka tidak akan mendapat milik pusaka di tengah-tengah orang Israel,
(23) Mulai sekarang hanya orang Lewi yang boleh mengurus Kemah-Ku dan memikul tanggung jawab penuh atas pekerjaan itu. Peraturan itu berlaku juga untuk keturunanmu sampai selama-lamanya. Orang Lewi tidak mempunyai warisan di Israel,
(23) Orang Lewi akan melakukan pekerjaan menjaga Kemah Pertemuan. Mereka bertanggung jawab atas sesuatu yang dilakukan terhadap itu. Itulah peraturan yang berlaku selamanya. Orang Lewi tidak mendapat tanah yang telah Kujanjikan kepada orang Israel lainnya.
(24) sebab persembahan persepuluhan yang dipersembahkan orang Israel kepada TUHAN sebagai persembahan khusus Kuberikan kepada orang Lewi sebagai milik pusakanya; itulah sebabnya Aku telah berfirman tentang mereka: Mereka tidak akan mendapat milik pusaka di tengah-tengah orang Israel."
(24) karena untuk bagian warisan mereka Aku sudah memberi segala persembahan sepersepuluhan yang dipersembahkan orang Israel kepada-Ku sebagai pemberian khusus. Itu sebabnya tentang orang Lewi Aku berkata bahwa mereka tidak akan mendapat bagian warisan di Israel."
(24) Orang Israel memberikan 1/10 dari yang ada padanya kepada TUHAN, dan Aku memberikannya kepada orang Lewi. Karena itulah, Aku berkata tentang orang Lewi, ‘Mereka tidak memperoleh tanah yang telah Kujanjikan kepada orang Israel.’”
(25) TUHAN berfirman kepada Musa:
(25) TUHAN menyuruh Musa
(25) TUHAN berkata kepada Musa,
(26) Lagi haruslah engkau berbicara kepada orang Lewi dan berkata kepada mereka: Apabila kamu menerima dari pihak orang Israel persembahan persepuluhan yang Kuberikan kepadamu dari pihak mereka sebagai milik pusakamu, maka haruslah kamu mempersembahkan sebagian dari padanya sebagai persembahan khusus kepada TUHAN, yakni persembahan persepuluhanmu dari persembahan persepuluhan itu,
(26) menyampaikan perintah ini kepada orang Lewi: Apabila kamu menerima dari orang Israel persembahan sepersepuluhan yang diserahkan TUHAN kepadamu untuk bagianmu, kamu harus memberi sepersepuluh bagiannya kepada TUHAN untuk persembahan khususmu.
(26) “Katakanlah kepada orang Lewi: Orang Israel akan memberikan 1/10 dari yang ada padanya kepada TUHAN. Itulah menjadi milik orang Lewi, tetapi berikanlah 1/10 dari situ kepada Tuhan sebagai persembahanmu.
(27) dan persembahan itu akan diperhitungkan sebagai persembahan khususmu, sama seperti gandum dari tempat pengirikan dan sama seperti hasil dari tempat pemerasan anggur.
(27) Persembahan khusus itu dianggap sama dengan persembahan gandum baru dan air anggur baru.
(27) Persepuluhan itu menjadi persembahanmu kepada Tuhan dan diperlakukan seperti gandum dari lantai penggilingan dan anggur dari pemerasan anggur.
(28) Secara demikian kamupun harus mempersembahkan sebagai persembahan khusus kepada TUHAN sebagian dari segala persembahan persepuluhan yang kamu terima dari pihak orang Israel. Dan yang dipersembahkan dari padanya sebagai persembahan khusus kepada TUHAN haruslah kamu serahkan kepada imam Harun.
(28) Dengan demikian kamu pun harus mempersembahkan untuk persembahan khusus kepada TUHAN sebagian dari persembahan sepersepuluhan orang Israel. Persembahan khusus itu harus kamu serahkan kepada Imam Harun.
(28) Dengan demikian, kamu akan memberi persembahan kepada TUHAN sama seperti yang dilakukan oleh Israel lainnya juga. Kamu memperoleh 1/10 dari persembahan orang Israel kepada TUHAN, dan kemudian kamu memberikan 1/10 dari padanya kepada Imam Harun.
(29) Dari segala yang diserahkan kepadamu, yakni dari segala yang terbaik di antaranya, haruslah kamu mempersembahkan seluruh persembahan khusus kepada TUHAN, sebagai bagian kudus dari padanya.
(29) Berilah bagian yang paling baik dari apa yang kamu terima.
(29) Apabila orang Israel memberikan persembahan dari yang ada padanya kepadamu, berikanlah yang terbaik dan yang paling kudus dari itu selaku persembahan kepada TUHAN.
(30) Lagi haruslah engkau berkata kepada mereka: Apabila kamu mengkhususkan yang terbaik dari padanya, maka bagi orang Lewi haruslah hal itu dihitungkan sebagai hasil tempat pengirikan dan hasil tempat pemerasan anggur;
(30) Sesudah menyerahkan bagian itu, kamu boleh mengambil sisanya, seperti seorang petani juga mengambil apa yang tersisa sesudah ia membawa persembahannya.
(30) Ya Musa, katakanlah kepada orang Lewi: Orang Israel akan memberikan persepuluhan dari panennya dan anggurnya kepadamu. Kemudian kamu memberikan yang terbaik kepada Tuhan.
(31) kamu boleh memakannya di setiap tempat, kamu dan seisi rumahmu, sebab upahmulah itu, untuk membalas pekerjaanmu di Kemah Pertemuan.
(31) Yang sisa itu boleh kamu makan di mana saja bersama-sama dengan keluargamu, sebagai upah pekerjaanmu di Kemah TUHAN.
(31) Kamu dan keluargamu dapat memakan semua sisanya. Itulah pembayaran atas pekerjaanmu dalam Kemah Pertemuan.
(32) Dan dalam hal itu kamu tidak akan mendatangkan dosa kepada dirimu, asal kamu mengkhususkan yang terbaik dari padanya; demikianlah kamu tidak akan melanggar kekudusan persembahan-persembahan kudus orang Israel, dan kamu tidak akan mati."
(32) Kamu tidak bersalah kalau memakannya, asal saja bagiannya yang paling baik sudah kamu persembahkan kepada TUHAN. Jangan menajiskan persembahan suci orang Israel dengan memakan sesuatu dari persembahan itu sebelum bagiannya yang paling baik dikhususkan bagi TUHAN. Kalau kamu melanggar perintah itu, kamu akan mati.
(32) Dan jika kamu selalu memberikan yang terbaik dari itu kepada-Ku, kamu tidak akan pernah lagi bersalah. Kamu selalu mengingat bahwa persembahan itu adalah kurban kudus dari orang Israel. Dan kamu tidak akan mati.”
Bilangan / Numbers / 민수기
1234567891011121314151617
- 18 -
192021222324252627282930313233343536