📖
Jesoes.com
Hagai 1
📖

Versi Mudah Dibaca [VMD] 2006

Perjanjian Lama 1) Kejadian 2) Keluaran 3) Imamat 4) Bilangan 5) Ulangan 6) Yosua 7) Hakim Hakim 8) Rut 9) 1 Samuel 10) 2 Samuel 11) 1 Raja Raja 12) 2 Raja Raja 13) 1 Tawarikh 14) 2 Tawarikh 15) Ezra 16) Nehemia 17) Ester 18) Ayub 19) Mazmur 20) Amsal 21) Pengkhotbah 22) Kidung Agung 23) Yesaya 24) Yeremia 25) Ratapan 26) Yehezkiel 27) Daniel 28) Hosea 29) Yoel 30) Amos 31) Obaja 32) Yunus 33) Mikha 34) Nahum 35) Habakuk 36) Zafanya 37) * Hagai 38) Zakharia 39) Maleakhi
Perjanjian Baru
40) Matius 41) Markus 42) Lukas 43) Yohanes 44) Kisah Para Rasul 45) Roma 46) 1 Korintus 47) 2 Korintus 48) Galatia 49) Efesus 50) Filipi 51) Kolose 52) 1 Tesalonika 53) 2 Tesalonika 54) 1 Timotius 55) 2 Timotius 56) Titus 57) Filemon 58) Ibrani 59) Yakobus 60) 1 Petrus 61) 2 Petrus 62) 1 Yohanes 63) 2 Yohanes 64) 3 Yohanes 65) Yudas 66) Wahyu

Pasal 1 (Total ayat 15)

1) [Sudah Waktunya Membangun Rumah Tuhan] Pada hari pertama bulan keenam tahun kedua masa pemerintahan Darius raja Persia, Hagai menerima pesan dari TUHAN. Pesan itu ialah untuk Zerubabel anak Sealtiel dan untuk Yosua anak Yozadak. Zerubabel ialah gubernur Yehuda dan Yosua imam agung.

2) Inilah yang dikatakan TUHAN Yang Mahakuasa, “Umat mengatakan belum waktunya membangun Bait TUHAN.”

3) Hagai menerima pesan ini lagi dari TUHAN. Hagai mengatakan pesan ini,

4) “Kamu umat menganggap sudah waktunya bagi kamu mendiami rumah mewahmu. Kamu tinggal di rumah dengan kayu yang indah terpasang di dinding, tetapi Bait Tuhan masih dalam keadaan reruntuhan.

5) Sekarang TUHAN Yang Mahakuasa mengatakan, ‘Pikirkanlah apa yang sedang terjadi.

6) Kamu menanam banyak benih, tetapi kamu hanya menuai sedikit. Kamu mempunyai makanan, tetapi tidak cukup untuk membuat kamu kenyang. Kamu mempunyai minuman, tetapi kamu tidak merasa puas. Kamu mempunyai pakaian, tetapi tidak cukup untuk membuat hangat. Kamu mendapat sedikit uang, tetapi sama seperti memasukkannya ke dalam kantong yang bocor.’”

7) TUHAN Yang Mahakuasa mengatakan, “Pikirkanlah apa yang kamu lakukan.

8) Pergi ke gunung dan bawa kayu dari sana dan bangunlah Rumah Tuhan. Aku akan berkenan atas Rumah itu dan Aku dipermuliakan.” Itulah yang dikatakan oleh TUHAN.

9) TUHAN Yang Mahakuasa mengatakan, “Kamu mengharapkan panen besar, tetapi bila kamu pergi memanennya, hanya sedikit hasilnya. Kamu membawa hasil yang sedikit ke rumahmu, tetapi Aku mengirim angin dan menghembuskannya, karena Rumah-Ku tetap dalam reruntuhan, sementara masing-masing kamu sibuk dengan urusan rumahnya sendiri.

10) Oleh sebab itu, langit menahan hujan dan bumi memberi hasil sedikit.

11) Aku memerintahkan tanah dan gunung-gunung menjadi kering. Gandum, anggur baru, minyak zaitun, dan segala sesuatu yang dihasilkan bumi akan rusak. Semua orang dan binatang menjadi lemah.”

12) [Pembangunan Rumah Tuhan Baru Dimulai] TUHAN Allah menyuruh Hagai berbicara kepada Zerubabel anak Sealtiel dan imam agung Yosua anak Yozadak. Jadi, orang itu serta semua bangsa mendengar suara TUHAN Allah mereka dan perkataan Nabi Hagai. Dan bangsa itu menunjukkan rasa takut dan hormatnya di hadapan TUHAN.

13) Kemudian Hagai, utusan TUHAN, menyampaikan pesan ini kepada umat, “TUHAN berkata, ‘Aku menyertai kamu.’”

14) Zerubabel anak Sealtiel adalah gubernur Yehuda. Yosua anak Yozadak imam agung. TUHAN membuat mereka dan umat lainnya bersemangat untuk mengerjakan Bait Allah mereka, TUHAN Yang Mahakuasa.

15) (2-1a) Jadi, mereka memulai pekerjaan itu pada hari yang kedua puluh empat bulan keenam tahun kedua masa pemerintahan Raja Darius.

Pasal 2 (Total ayat 23)

1) (2-1b) [Tuhan Memberi Semangat kepada Umat] Pada hari yang kedua puluh satu bulan ketujuh, TUHAN berbicara melalui Nabi Hagai,

2) “Katakanlah kepada Zerubabel anak Sealtiel, gubernur Yehuda dan kepada Yosua anak Yozadak, imam agung, serta kepada semua orang itu, demikian,

3) ‘Berapa banyak di antara kamu yang melihat Bait Tuhan ini dan mencoba membandingkannya dengan Rumah-Ku yang indah yang telah binasa? Bagaimana pendapatmu? Bukankah Rumah ini tampaknya seperti tidak berarti bila dibandingkan dengan Rumah-Ku yang pertama itu?

4) Tetapi sekarang, hai Zerubabel, TUHAN mengatakan, “Kuatkanlah hatimu.” Dan kepada imam agung Yosua anak Yozadak TUHAN mengatakan, “Kuatkanlah hatimu.” Dan kepada seluruh penduduk negeri TUHAN mengatakan, “Kuatkanlah hatimu. Teruskan pekerjaan itu sebab Aku menyertai kamu.” Inilah yang dikatakan Tuhan Yang Mahakuasa.

5) ‘Aku telah membuat perjanjian dengan kamu ketika kamu meninggalkan Mesir, dan Aku memegang janji-Ku. Roh-Ku ada di tengah-tengah kamu. Jadi, jangan takut.’

6) Beginilah yang dikatakan TUHAN Yang Mahakuasa, ‘Sebentar lagi, Aku mengguncangkannya sekali lagi. Aku akan mengguncang langit dan bumi, laut dan daratan.

7) Aku akan mengguncang semua bangsa dan mereka akan datang kepadamu membawa harta dari setiap bangsa. Dan Aku memenuhi Rumah-Ku ini dengan kemuliaan.’ Inilah yang dikatakan TUHAN Yang Mahakuasa.

8) ‘Semua perak mereka sesungguhnya adalah kepunyaan-Ku. Dan semua emas milik-Ku.’ Inilah yang dikatakan TUHAN Yang Mahakuasa.

9) ‘Rumah-Ku yang terakhir ini lebih indah daripada Rumah yang pertama itu.’ Inilah yang dikatakan TUHAN Yang Mahakuasa. ‘Dan Aku akan memberikan damai sejahtera ke tempat itu.’ Ingatlah, inilah yang dikatakan TUHAN Yang Mahakuasa.”

10) [Hari ini Mulai Masa Berkat] Pada hari kedua puluh empat bulan 9 tahun kedua pada masa pemerintahan Darius raja Persia pesan dari TUHAN datang kepada Nabi Hagai, demikian,

11) “TUHAN Yang Mahakuasa menyuruh engkau untuk bertanya kepada para imam apa yang dikatakan Hukum Taurat tentang hal ini,

12) ‘Seandainya seseorang membawa daging dalam lipatan pakaiannya, daging itu ialah bagian dari kurban, jadi itu kudus. Bagaimana jika pakaiannya menyentuh roti, atau makanan yang dimasak, atau anggur, atau minyak, atau makanan apa pun, apakah yang disentuh itu menjadi kudus?’ Para imam itu menjawab ‘Tidak.’

13) Kemudian Hagai mengatakan, ‘Jika seseorang menyentuh mayat, ia menjadi najis. Sekarang jika ia menyentuh sesuatu yang lain, apakah benda itu menjadi najis?’ Para imam menjawab, ‘Ya, menjadi najis.’”

14) Kemudian Hagai mengatakan, “TUHAN mengatakan, ‘Demikianlah adanya orang-orang dari bangsa itu. Mereka tidak kudus di hadapan-Ku. Segala sesuatu yang disentuh dengan tangannya dan apa pun yang dibawanya menjadi najis.

15) Perhatikanlah hal-hal yang telah terjadi atas kamu. Perhatikan sebelum kamu memulai pembangunan Bait TUHAN.

16) Orang menginginkan gandum sebanyak 20 karung, tetapi hanya ada 10 karung. Orang mendatangi tempat pemerasan anggur dengan harapan memperoleh 50 guci, tetapi hanya ada 20 guci.

17) Hal itu terjadi karena Aku menghukum kamu. Aku memberikan penyakit untuk membunuh tanamanmu. Aku menurunkan hujan batu yang membinasakan segala sesuatu yang kamu kerjakan, tetapi kamu tetap tidak mau datang kepada-Ku.’ Demikianlah firman TUHAN.

18) TUHAN berkata, ‘Hari ini hari kedua puluh empat bulan sembilan, kamu telah menyelesaikan peletakan dasar Rumah-Ku. Jadi, perhatikanlah apa yang akan terjadi sejak hari ini dan selanjutnya.

19) Apakah masih ada benih gandum tersimpan dalam lumbung? Lihatlah pohon anggur, pohon ara, pohon delima, atau pohon zaitun. Pohon-pohon itu tidak menghasilkan buah, tetapi mulai hari ini, Aku akan memberkati kamu.’”

20) Pesan lain dari TUHAN datang kepada Hagai pada hari kedua puluh empat bulan itu. Inilah pesan itu,

21) “Pergilah kepada Zerubabel gubernur Yehuda. Katakan kepadanya bahwa Aku akan mengguncang langit dan bumi.

22) Aku akan menggulingkan banyak raja dan kerajaan. Aku akan membinasakan kuasa kerajaan-kerajaan orang asing. Aku akan menjungkir-balikkan kereta-kereta kuda dan penunggangnya. Aku akan mengalahkan kuda perang dan pengendara-pengendaranya. Musuh-musuh itu bersahabat sekarang, tetapi mereka kembali saling menentang dan saling membunuh dengan pedang.”

23) Inilah yang dikatakan TUHAN Yang Mahakuasa. “Zerubabel anak Sealtiel, hamba-Ku, Aku TUHAN telah memilih engkau. Dan pada saat itu, Aku memakaimu seperti cincin meterai untuk membuktikan bahwa Aku telah melakukan semuanya itu.” Demikianlah firman TUHAN Yang Mahakuasa.